Tips cara makan yg baik & benar

Tips cara makan yg baik & benar

1. Hindari makan di depan komputer atau televisi
Jangan selalu makan di depan komputer atau televisi. Saat ada email masuk atau pesan instan, pikiran akan terfokus pada hal itu dan makan pun menjadi lebih cepat. Anda pun akan mengunyah seperlunya saja tidak sampai makanan benar-benar lunak.



2. Makan bersama teman
Makan bersama dengan teman menjadi cara untuk membuat makan lebih perlahan. Sambil makan Anda bisa sambil bicara dan cenderung mengunyah makanan lebih pelan, dan sedikit demi sedikit. Memang, banyak yang beranggapan makan tidak boleh bicara, tetapi jika hal itu bisa membuat Anda mengunyah lebih pelan kenapa tidak dilakukan. Tetapi, pastikan saat bicara, mulut tidak dalam keadaan penuh makanan.

3. Letakkan alat makan saat mengunyah
Setelah Anda menyuap makanan, sebaiknya letakkan garpu dan sendok pada piring dan jangan dipegang jari. Jika alat makan tetap berada di tangan, Anda cenderung akan terus menyuap makanan sementara makanan yang ada di mulut belum sempurna dikunyah. Trik ini cukup berhasil, untuk membiasakan diri mengunyah makanan lebih perlahan.

4. Percantik makanan
Makanan seperti kue atau es krim buah yang ditata cantik, cenderung membuat seseorang akan 'berhati-hati' saat memakannya. Menyuapnya pun juga menjadi lebih perlahan. Jadi, penataan makanan juga berpengaruh pada kecepatan mengunyah.

Lalu, pilihlah makanan dengan potongan agak besar. Karena, meskipun bisa langsung masuk dalam mulut, tetapi 'memaksa' mulut untuk mengunyahnya secara lebih perlahan hingga makanan lebih mudah ditelan.

sumber: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10616479

Posted by Unknown on 3:56 AM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

0 comments for "Tips cara makan yg baik & benar"

Leave a reply