Tips Membuat Kopi Tubruk Enak

Jika kita minum kopi di kafe, mungkin terkadang kita mikir kenapa bikin kopi kok bisa enak ya? Tentu saja coffee shop biasanya membuat kopinya dengan menggunakan espresso machine dan biji kopi yang bagus sehingga hasilnya bisa optimal.

Faktanya, di rumah pun kita sebenarnya bisa membuat kopi yang enak. Dengan menggunakan alat-alat sederhana, kita pun bisa membuat kopi yang nikmat.

Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan saat membuat kopi:

1. Kualitas air
2. Temperatur air yang digunakan untuk menyeduh kopi
3. Lamanya menyeduh
4. Takaran kopi yang tepat


Penjelasannya:

1. Kualitas air

Sekitar 60% komposisi kopi terdiri atas air sehingga mau tidak mau untuk menyeduh kopi yang enak kita harus memperhatikan kualitas air yang kita gunakan. Kita bisa menggunakan air ledeng atau air mineral. Yang terpenting, air yang kita gunakan berish, tidak berasa dan tidak berbau. Keberadaan mineral akan memperkaya rasa kopi. Oleh karena itu, hindari penggunaan air distilasi karena tidak mengandung mineral dan akan mengubah rasa kopi.

2. Temperatur air

Temperatur air paling tepat untuk menyeduh kopi adalah sekitar 95-98º C. Air mendidih suhunya sekitar 100º C. Artinya, setelah air mendidih, tunggu sekitar 1-2 menit sebelum airnya siap digunakan untuk menyeduh kopi.

3. Lamanya menyeduh

Lamanya waktu yang kita gunakan untuk menyeduh kopi akan berpengaruh terhadap rasa kopi yang kita buat. Saat diseduh, ekstrak kopi akan bercampur dengan air. Waktu ideal untuk menyeduh kopi adalah sekitar 3-4 menit. Saat menyeduh kopi, kita tidak perlu mengaduknya terlalu lama. Jika kita terlalu lama menyeduh kopi, maka kopi kita akan terasa pahit yang tidak enak. Memang kopi normalnya pahit. Akan tetapi jika terlalu lama menyeduh, akan muncul rasa pahit yang berbeda yang tidak kita inginkan. Aduk kopi sebentar kemudian biarkan selama 3-4 menit sebelum diminum.

4. Takaran yang Tepat

Sebagus apapun kopi yang kita miliki, tanpa menggunakan takaran yang tepat, hasilnya tidak akan enak. Takaran yang pas untuk kopi tubruk adalah sekitar 2 sendok teh (munjung) untuk 200 ml air (sekitar 1 gelas air mineral).



sumber: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=9208630

Posted by Unknown on 12:10 AM. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

0 comments for "Tips Membuat Kopi Tubruk Enak"

Leave a reply