Tips Membuat motor irit dari cara berkendara kita

Tips Membuat motor irit dari cara berkendara kita
Sebagai rider yang peduli akan lingkungan dan kantong,saya akan membagi-bagikan tips untuk berkendara dengan mode eco-riding alias biar irit..

Cara2 ini telah saya riset (halah) dan dipraktekkan di dunia nyata yang fana ini,dan alhamdullilah motor saya lebih irit..

^__^

1.Buka gas secara perlahan:

Pada saat akselerasi awal,banyak rider2 motor yang langsung membuka gas secara besar,maksudnya biar motor langsung melesat..

Cara ini sangat tidak efisien dan banyak membuang bensin terbuang..Karena pada saat putaran bawah mesin belum membutuhkan banyak bensin,jadi percuma juga gas langsung digeber,bensin tidak terbakar semuanya dan malah akan keluar lewat knalpot..

Usahakan mengendarai dengan akselerasi halus..

Jadi cukup buka gas perlahan-lahan,dimulai dari kecil kemudian membesar,seperti diurut perlahan..

Kalau motor sudah mulai melaju baru mulai diperbesar gasnya..

Kalau bisa ga usah sampai penuh gasnya ya..



2.Jangan kebanyakan buka tutup gas

Hal ini sering dilakukan oleh rider pemula,yaitu sering buka tutup gas tidak beraturan..

Pertama gas besar,kemudian ngerem,gas besar lagi,eh ngerem lagi,tancap gas lagi..

Sebab,kebiasaan mengegas,lalu mengerem tiba-tiba akan membuat bahan bakar terbuang percuma. Gaya mengemudi seperti ini bisa memangkas kemampuan jelajah motor antara 1,5-2 km/liter.

Jangan suka bleyer2 motor juga..



3.Jangan kebanyakan ngerem..

Ini sedikit nyambung ke yang nomor 2,banyak gas terus banyak rem adalah cara berkendara yang sangat tidak efisien..

Tambahan-Usahakan ketika kita melaju dengan kecepatan tinggi dan ada lampu merah atau tikungan didepan,jangan mengerem ketika kita sudah sangat dekat dengan lampu merah/tikungan tersebut..

Cobalah untuk memposisikan diri ketika kita melihat lampu'tikungan tsb,atur posisi kita,kurangi gas dan ketika sudah dekat mulai rem secara perlahan2..

Lihat saja para rider2 yang sudah tergolong jam terbang tinggi,pasti lampu rem mereka jarang2 hidup,karena mereka selalu memposisikan diri..



4.a.Untuk motor bergigi transmisi:

Gunakan gigi pada tingkat kecepatannya yang sesuai,jangan berkendara pada putaran mesin (RPM) terlalu tinggi..

Gunakan rentang rpm antara 4000-5000 rpm..

Bahasa gorang awamnya,Jangan biarkan motor terlalu 'Nggereng',begitu sudah agak 'nggereng' atau bergetar langsung pindahkan gigi..

Dan bawa motor dengan rpm konstan..



b.Untuk motor matic:

hal yang paling dieluhkan dari skuter matic adalah konsumsi bahan bakarnya yang lebih boros ketimbang motor dengan transmisi manual..

Kenapa?

Karena motor matic membutuhkan waktu lebih lama untuk menyesuaikan kebutuhan bensin kamu (lebih tepatnya mengurangi).

Jadi emang harus agak sabar,pas mulai start buka gas secukupnya saja,begitu rpm mulai naik (udah mulai jalan) baru ditingkatkan,dan g usah buka gas besar2,tunggu saja sampai si matic berakselerasi konstan..



BONUS: Kalau lagi kenceng,tundukkan kepala n badan serendah mungkin (Dragster style),efektif buat mengurangi tahanan dari angin. Not recommended buat cewek!!



Oh iya,berkendara irit bukan berarti pelan2 amat,kalau trlalu pelan ya sama aja boros..

yang benar adalah jalankan secara kecepatan konstan di rentang 40-60 km/jam..

Gunakan gigi transmisi sesuai kecepatannya..

sumber: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=9387966

Posted by Unknown on 1:41 AM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

1 comments for "Tips Membuat motor irit dari cara berkendara kita"

  1. thanks for the info, visit us also to http://jasapenyewaanpartisi.blogspot.com/ or http://moelyhadjati.blogspot.com/

Leave a reply