Tips saat menjalankan PUASA

Assalamualaikum agan-agan semua .....

Agan semua udah tu belum Tahun berpa di tahun hijriyah Ramadhan sekarang....

mmengingatkan bentar lagi bulan PUASA alias bulan RMADHAN, Udah gak terasa ternyata udah menginjak 1432H...
yuk perbanyak amal.... buat agan-agan semua saat menghadapi bulan puasa agar tetap sehat dan fit saat menjalankan ibadah puasanya ane punya trik buat agan-agan semua langsung aja gan cekibrot........
1. SAHUR

Makan sahur penting bagi kita untuk memperoleh cadangan energi dalam melakukan aktifitas keseharian. Bila tidak sahur seseorang akan mudah menjadi hipoglikimia dimana kadar gula dalam darah turun. Hal ini menyebabkan tubuh cepat menjadi lesu, loyo dan mengantuk, bahkan mudah marah.

Anjuran sahur itu sendiri bukan semata-mata untuk mendapatkan tenaga yang prima selama menunaikan ibadah puasa, melainkan juga mengandung makna bahwa puasa perlu persiapan agar selama berpuasa produktivitas kerja dan aktivitas sehari-hari tidak terganggu.

2. HINDARI MAKANAN DAN MINUMAN YANG BANYAK MENGANDUNG GULA SAAT SAHUR

Makanan dan minuman yang terlalu banyak mengandung gula akan memacu tubuh memproduksi insulin untuk segera menetralkan kadar gula dalam darah. Akibatnya rasa lapar akan cepat timbul dan badanpun menjadi cepat lemas danlesu. Perbanyak makanan yang mengandung protein tinggi karena protein akan diolah lebih lambat disbanding jenis makanan lain.

3. SEGERA BERBUKA PUASA PADA WAKTUNYA

Segeralah berbuka dengan makanan yang manis (korma) dan secukupnya, makanan yang manis lebih baik untuk usus yang kosong dan lebih cepat diubah menjadi energi. Makan dan minum secukupnya.

4. BEROLAHRAGA DI BULAN RAMADHAN

Salah satu penyabab cepat lelah ketika puasa adalah kebiasaan yang salah ramai-ramai berolahraga sehabis sahur. Waktu yang tepat untuk berolahraga di bulan Ramadhan adalah beberapa jam (1-2 jam) menjelang berbuka puasa dan dianjurkan tidak melakukan olahraga yang terlalu berat.

5. MENJAGA KEBERSIHAN GIGI DAN MULUT SELAMA BERPUASA

Ketika puasa semua kegiatan makan dan minum berhenti total sehingga produksi kelenjar air liur mulut berkurang dan mulut menjadi cepat asam dan berbau. Karena itu dianjurkan untuk segera menggosok gigi sehabis makan sahur agar sisa-sisa makanan tidak membusuk di rongga mulut.


sumber: http://www.kaskus.us/showthread.php?t=9850739

Posted by Unknown on 7:46 AM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

0 comments for "Tips saat menjalankan PUASA"

Leave a reply